Kamis, 05 November 2009

NABI MUHAMMAD, NABI YANG ADIL

Assalamu’alaikum Wr.Wb
(Pembukaan)

 Sahabat pildacil yang mulia,
Setiap manusia yang pernah bertemu Rasulullah tentunya akan mendapatkan kesan yang luar biasa dari akhlaknya yang agung. Ketika Rasulullah SAW memberi hadiah, maka hadiah tersebut diberikan secara adil. Dan dalam berbuat adil ini, Rasulullah melakukannya kepada siapa saja meskipun kafir.
Allah SWT berfirman dalam al-qur’an surah Al-Ma’idah ayat 8.


 Artinya : “Wahai orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah, (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada taqwa. Dan bertaqwalah kepada Allah, sungguh, Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan.”
 Karena itu, Rasulullah SAW pernah membela seorang yahudi yang dizholimi haknya oleh seorang muslim saat itu. Dan yahudi itupun masuk Islam.
 Sahabat pildacil yang dicintai Allah,
Maka marilah kita mencontoh perilaku Rasulullah SAW dalam kehidupan kita. Jadilah orang yang adil. Jika menjadi juri harus adil, jika menjadi penonton harus adil. Mentang-mentang bukan penonton Nadia tidak mau tepuk tangan. Itu tidak adil namanya. Mana tepuk tangannya ?? Nah itu baru adil.
 Demikianlah ceramah yang bisa Nadia sampaikan.

 Adillah di setiap tempat dan waktu
 Adillah sampai nyawa terakhir
 Adillah di setiap tempat dan waktu
 Selalu untuk selamanya
(penutup)

Dikarang oleh Kak Bendri (ajoben81@yahoo.com)

Tidak ada komentar: